Cara Mudah Mengatur Arah Putar Motor DC

Pengaturan Arah Putar Motor DC dengan atau tanpa Arduino


Pada kesempatan ini saya akan berbagi cara mudah mengatur arah putar motor DC sebelumnya kita tahu bahwa motor DC merupakan komponen elektronika yang berfungsi sebagai penggerak. Penggerak disini adalah komponen ini merubah energy listrik menjadi energy mekanis yang dapat menggerakan suatu benda atau komponen mekanik lain untuk berputar. ini terjadi akibat adanya gaya gerak listrik yang ditimbulkan dari lilitan pada motor.
Ok. Kita tidak akan membahas lebih detail tentang sistem kerja motor pada artikel ini. Namun saya akan membagikan bagaimana cara mengarur arah putar motor dc. Beberapa aplikasi yang menggunakan pengaturan arah putar motor dc antar lain line follower, pintu dan garasi otomatis, penggerak parabola, dan lain-lain.
Untuk pengeturan kecepatan dapat dilihat pada arikel lainnya pada web ini.
Langsung saja kita akan membahas tentang bagaimana mengatur arah putar motor. Disini penulis bagi menjadi 2 yaitu :
  1. Mengatur Arah Putar Motor DC tanpa Arduino
  2. Mengatur Arah Putar Motor DC dengan Arduino


Mengatur Arah Putar Motor DC tanpa Arduino

Pada dasarnya untuk membalik arah putaran motor dc dilakukan dengan menukar kabel kutub + dan – yang disambung ke motor. dengan begitu kita dapat membalik arah putar motor dc.

Tetapi pada aplikasinya kita tidak mungkin menukar kabel kutub + dan – pada motor langsung saat motor telah teraplikasi pada sistem. Apa lagi dengan kondisi motor cd tertutup body pada sistem. Disamping ribet karena kita harus membongkar juga akan membutuhkan waktu yang lama.

Kita bisa menggunakan saklar 6 pin. Kita bisa merangkai saklar 6 pin untuk mengatur arah putar motor dc dengan rangkaian berikut ini.

Rangkaian untuk mengatur arah putar (membalik arah putaran) motor dc dengan menggunakan saklar 3 posisi 6 pin.
Gambar 1. Rangkaian Pengatur Arah Putar Motor DC dengan Saklar 3 Posisi 6 pin

Selanjutnya yang tidak kalah sederhana, kita dapat nenggunakan 2 buah relay untuk mengontrol arah putar dengan sebuah selector seperti rangkaian dibawah ini.

Rangkaian untuk mengatur arah putar motor dc dengan menggunakan 2 buah relay sebagai driver pembalik arah.
Gambar 2. Rangkaian Pengatur Arah Putar Motor DC dengan 2 Relay

Pada rangkaian diatas ketika selector diarahkan ke kanan maka relay 2 aktif sehingga kontak pada relay 2 mengarah ke kontak NO sehingga tersambung ke sumber tegangan – untuk motor. sumber tegangan – ini bisa disambung ke GND dari sumber tegangan 12v. Dengan demikian motor berputar searah jarum jam.
Begitu pula ketika selector diarahkan ke kiri maka relay 1 aktif sehingga kontak pada relay 1 mengarah ke kontak NO sehingga tersambung ke sumber tegangan – untuk motor. sumber tegangan – ini bisa disambung ke GND dari sumber tegangan 12v. Dengan demikian motor berputar berlawanan arah jarum jam.

Mengatur Arah Putar Motor DC dengan Arduino

Kita dapat membuat pengatur arah putar motor dc dengan menggunakan kontroller seperti mikrokontrol ATMega dengan sismin, Arduino dll. Kita bisa menggunakan rangkaian 2 biah relay yang kita sambung ke kontroler.

Rangkaian Driver motor DC dari 2 output Arduino dengan menggunakan 2 buah relay untuk pembalik arah.
Gambar 3. Driver Motor DC dengan 2 Relay untuk Arduino


Kita juga bisa menggunakan h-bridge transistor seperti gambar rangkaian dibawah ini.


Rangkaian driver motor dc dengan menggunakan rangkaian h-bridge transistor.
Gambar 4. H-Bridge Transistor untuk Arduino

Selain itu kita dapat menggunakan driver motor dc IC L293D. Dengan IC ini kita tdak hanya dapat mengatur arah putar 2 motor dctetapi juga kecepatannya karena IC L293D seperti transistor yang mampu dilakukan pengaturan frekuensi / PWM.

Rangkaian pengaturan Arah Motor DC dengan IC L293D untuk mengatur 2 buah motor DC.
Gambar 5. Rangkaian IC l293D dengan 2 Motor DC


Ok itu yang bisa saya sharing kali ini. Untuk pengatuan kecepatan motor dc silahkan baca artikel saya pada menu mukrokontroler diatas.

TETAP SEMANGAT BELAJAR






Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mudah Mengatur Arah Putar Motor DC "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel