MEMBUAT ALARM RUMAH SEDERHANA DAN MURAH



MEMBUAT ALARM RUMAH SEDERHANA DAN MURAH
ALARM RUMAH DENGAN MENGGUNAKAN LIMIT SWITCH


Saat ini tingkat kejahatan meningkat sangat signifikan. Ini dikarenakan karena tingkat ekonomi yang rendah dan rata-rata tingkat pendidikan rendah akibat kesulitan ekonomi yang melanda saat ini. Banyak kejahatan terjadi di sekeliling kita. Itu juga yang terjadi di lingkungan penulis. Karena itu penulis membagikan tips untuk menghindari kejahatan di rumah terlebih lagi saat rumah kosong.
Tips ini berupa sistem alarm rumah sederhana dan murah. Daripada membeli alarm rumah dengan harga mahal dan itupun belum termasuk biaya pasang instalasinya lebih baik membuat sendiri. Alat ini tidak rumit dan tergolong sangat sederhana. Hanya dengan menggunakan adaptor (tidak perlu baru) dan tegangan listrik rumah sebagai sumber tegangan.
Berikut ini bagan alarm sederhananya :









Sederhana kan!!!!! Komponen-komponen yang digunakan juga sederhana dan murah. Berikut komponen atau bahan yang digunakan :
  • Adaptor 12v DC
  • Limit Switch
  • Relay 12v DC
  • Buzzer 220v AC
  • Saklar ON/OFF 220v AC
Catatan :
Untuk adaptor tidak harus baru yang penting dapat mengeluarkan tegangan 12v DC.  Buzzer juga dapat diganti dengan macam lainnya, tentunya tegangannya juga harus disesuaikan.
Komponen-komponen diatas sangat mudah dicari di pasaran dengan harga yang relatif murah pula. Jika komponen sudah ada maka dirangkai sesuai rangkaian skematik dibawah ini :



Cara kerja :

  • Saklar ON/OFF berfungsi sebagai saklar utama dari sistem alarm ini. Saklar ini memutus atau menghubungkan aliran tegangan 220v AC ke buzzer. 
  •  Limit switch dipasang pada pintu dan jendela. Tentunya jumlahnya bisa lebih dari satu tetapi pemasangannya dipasang secara pararel. Limit switch ini mengalirkan tegangan yang mengaktifkan relai 12v DC. Kontak relay yang dipakai yaitu kontak NC. 
  •  Jika pintu atau jendela pada posisi tertutup maka relay akan aktif sehingga kontak NC relay akan membuka dan tegangan tidak 220v AC ke buzzer akan terpurus dan buzzer akan mati. Kondisi inilah sistem alarm rumah pada kondisi siaga.
          
  • Ketika pintu atau jendela dibuka paksa, Limit switch akan membuka dan memutus tegangan ke relay sehingga koil relai tidak aktif. Karena koil relai tidak aktif maka kontak NC relai kembali terhubung dan tegangan 220v AC akan mengalir menghidupkan Buzzer.

          


Dengan alat ini diharapkan maling kabur ketakutan dan semoga bisa tertangkap, dihukum dan kapok. Kepada sobat juga bisa mengembangkan alat ini sendiri. Tetap waspada dan semoga bermanfaat. Terima kasih…..





=== ALARM RUMAH DENGAN MENGGUNAKAN LIMIT SWITCH ===

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "MEMBUAT ALARM RUMAH SEDERHANA DAN MURAH"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel