MENYALAKAN RELAY DENGAN ANDROID VIA BLUETOOTH

Mengaktifkan Relay Dengan Arduino dan Modul Bluetooth HC-05

Pada kesempatan ini saya ingin membagikan salah satu cara mengendalikan relay lewat handphone android dengan menggunakan arduino dan modul bluethooth. Saat ini dunia kontrol kendali bergeser ke arah digital melalui sebuah handphone android kita dapat mengendalikan peralatan berbasis listrik dengan mudah. Banyak pro dan kontra tentang perkembangan teknologi dari alasan memudahkan sampai memalaskan. tergantung pada sudutpandang mana kita mensikapinya dan memanfaatkannya.

OK..... Kenapa menggunakan BLUETOOTH?

Saat ini salah satu perangkat komunikasi tanpa kabel yang paling simple adalah bluetooth. tentunya kita kesampingkan dulu penggunaan wifi. Komunikasi bluetooth tidak perlu menggunakan internet. Memang range atau jarak komunikasinya terbatas tetapi kelas bluetooth saat ini sudah memiliki range yang cukup luas. Jika menggunakan wifi dapat lebih luas lagi dan juga bisa juga digunakan tanpa internet tetapi menggunakan hotspot dari handphone itu sendiri. Untuk wifi akan saya ulas pada kesempatan mendatang. kali ini saya akan membagikan kendali dengan komunikasi bluetooth karena ini yang paling mudah dan library bawaan dari arduino ide sudah dapat digunakan untuk sistem kendali ini.

Pertama kita kenalan dulu dengan modul HC-05


Itu dia modul powerfull untuk komunikasi bluetooth. HC-05 ialah modul untuk komunikasi tanpa kabel melainkan dengan komunikasi bluetooth. Modul ini beroperasi di frekuensi 2,4GHz. Modul ini sangat cocok diaplikasikan pada project atau sistem elektronika menggunakan komunikasi nirkabel atau sering disebut wireless (tanpa kabel). Salah satu contohnya yaitu Sistem Pelayanan Rumah, sistem monitoring, sistem kendali, dll.

OK langsung saja ke topik utama yaitu bagaimana mengaktifkan relay dengan android via bluetooth......

Siapkan komponen yang akan kita gunakan:
1. Modul Arduino UNO
2. Modul HC-05 bluetooth
3. Relay
4. ProjectBoard

Anda bisa menggunakan modul relay juga jika ada. Selanjutnya rangkai komponen-komponen tersebut diatas membentuk rangkaian berikut :



Saya berikan keterangan pin dari modul HC-05 agar tidak bingung dalam merakit. Selanjutnya buka Software Arduino IDE dan masukan program berikut :
#include <Wire.h>
#include <SoftwareSerial.h>

SoftwareSerial module_bluetooth(0, 1); // pin RX | TX
char data = 0;

void setup()
{
  Serial.begin(9600);        
  pinMode(13, OUTPUT);  //inisialisasi LED menjadi output
}

void loop()
{
  if(Serial.available() > 0){
    data = Serial.read();
    Serial.print(data);      
    Serial.print(" ");
       
    if(data == '1'){
      digitalWrite(13, HIGH);
    }
    else if(data == '0') {    
      digitalWrite(13, LOW);
    }
  }
}
Untuk library Wire.h dan SoftwareSerial.h dapat diambil pada menu Sketch → Include Librery →  pilih library yang dicari. 



Kalau sudah silahkan di compile dan trasnsfer program ke arduino. Setelah itu kita buat aplikasi android dengan AppInventor. Silahkan buka alamat web http://ai2.appinventor.mit.edu/# pada broser kamu. Buat akun baru bila belum punya. Selanjutnya buat project baru.


Pasang komponen-komponen berikut dan bentuk tampilan androidnya. (Maaf ada caption PDD POLBAN dan PONPES Al Fusa karena ini materi yang saya berikan ketika mengisi pelatihan disana. kamu bisa menggantinya dengan caption lain)
Screen1
            VerticalArrangement1
                   HorizontalArrangement1
buttonConnect
Bluetooth_name
                   HorizontalArrangement3
Label1
Received_text
                   SPASI
                   Tombol_ON
                   spasi
                   Tombol_OFF
                   SPASI1
                   Label3
                   Status_Starter
                   SPASI11
                   Label4                                         
                   Label5                                         
                   ListPicker1
                   BluetoothClient1
                   Notifier1
                       Clock1


Pada blok program, buat blok program berikut :


Blok ini merupakan blok program untuk inisislisasi yang pertama kali dieksekusi saat program dijalankan. Jika bluetootnya tidak aktif maka akan diberi peringatan dan sebaliknya jika aktif maka memasikan perangkat bluetoot yang aktif dalam listPicker.


Blok program ini berfungsi menangani masalah pada aplikasi dan memutus koneksi bluetoothnya.


Blok ini berfungsi menyambungkan bluetoot dengan modul HC-05 ketika perangkat bluetooth telah dipilih untuk disambungkan.


Blok ini merupakan blok timer yang bekerja setiap interval waktu untuk membaca Recived_text  dan menampilakannya pada text di Status_Starter.


Blok ini berisi program dari button yang berfungsi menyambungkan dan memutus koneksi bluetooth. Jika belum ada perangkat bluetooth yang terhubung maka akan memanggil listPicker.

 

Blok Tombol_ON berfungsi ketika ditekan pada saat bluetooth connect akan mengirim text "1" ke modul HC-05 untuk diteruskan ke arduino dan mengaktifkan relay.


Blok Tombol_OFF berfungsi ketika ditekan pada saat bluetooth connect akan mengirim text "0" ke modul HC-05 untuk diteruskan ke arduino dan mematikan relay.


Itu yang bisa saya share dan apabila ada yang mau tany dan butuh program ini silahkan isi komentar dibawah. ↓↓↓↓↓


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MENYALAKAN RELAY DENGAN ANDROID VIA BLUETOOTH"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel